Ulasan berita Indonesia dan internasional dari peristiwa, politik, teknologi, berita unik, dan hiburan

loading...

Monday, May 15, 2017

Komnas HAM: Pemerintah Lamban Bubarkan HTI, Timbulkan Keresahan

Komnas HAM: Pemerintah Lamban Bubarkan HTI, Timbulkan Keresahan - Hallo Pembaca Portal Berita, Berita kali ini adalah Komnas HAM: Pemerintah Lamban Bubarkan HTI, Timbulkan Keresahan, Berikut ini artikelnya.

lihat juga


Komnas HAM: Pemerintah Lamban Bubarkan HTI, Timbulkan Keresahan

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM), Imdadun Rahmat mengatakan, sikap lamban pemerintah dalam membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) justru dinilai akan menimbulkan keresahan.

"Seharusnya cepat sajalah. Kalau mau pakai mekanisme hukum, segera, jangan menggantung," kata Imdadun di Komnas HAM Jakarta, Senin (15/5/2017).

Kalaupun pemerintah memiliki opsi lain dalam upaya membubarkan HTI, misalnya lewat peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu), menurutnya, pemerintah harus segera bersikap.

Pekan lalu, pemerintah mengumumkan rencana untuk membubarkan HTI. Hal itu dilakukan dengan menempuh langkah hukum.

Namun nyatanya, hingga kini pemerintah belum sampai pada tahap pengajuan gugatan pembubaran HTI ke pengadilan.

Sebelumnya Polri mengaku telah menyiapkan bukti-bukti kegiatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dianggap ideologi HTI bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia.

Bukti yang terdiri dari video dan dokumentasi dari kegiatan HTI nantinya akan diserahkan kepada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) untuk diproses.

"Video-video, kegiatan-kegiatan, laporan tentang kegiatan mereka, dokumentasinya. Kita siapkan," kata Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto beberapa waktu lalu.

Pembubaran HTI ini, terang Setyo, sedang diproses di Kementerian Hukum dan HAM. Menurutnya, organisasi kemasyarakatan yang tidak mengakui dasar negara tidak boleh ada di Indonesia.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli
RSS Feed

RSS to Email Formatted

IFTTT


Itulah Berita Komnas HAM: Pemerintah Lamban Bubarkan HTI, Timbulkan Keresahan

Sekian berita tentang Komnas HAM: Pemerintah Lamban Bubarkan HTI, Timbulkan Keresahan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua

Anda sedang membaca artikel Komnas HAM: Pemerintah Lamban Bubarkan HTI, Timbulkan Keresahan dan artikel ini url permalinknya adalah https://beritahubulat.blogspot.com/2017/05/komnas-ham-pemerintah-lamban-bubarkan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.