Ulasan berita Indonesia dan internasional dari peristiwa, politik, teknologi, berita unik, dan hiburan

loading...

Tuesday, May 16, 2017

Menko Luhut janji siapkan karpet merah untuk investor di Indonesia

Menko Luhut janji siapkan karpet merah untuk investor di Indonesia - Hallo Pembaca Portal Berita, Berita kali ini adalah Menko Luhut janji siapkan karpet merah untuk investor di Indonesia, Berikut ini artikelnya.

lihat juga


Menko Luhut janji siapkan karpet merah untuk investor di Indonesia

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan berjanji akan memberi karpet merah kepada pihak yang ingin berinvestasi di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan kepada lebih dari 1.000 para pelaku usaha pelabuhan, maritim, dan logistik yang berasal dari 50 negara dalam acara The 30th International Association of Ports and Harbors World Port Conference 2017 di Bali beberapa waktu lalu.

"Saya akan membukakan karpet merah kepada siapapun yang ingin berinvestasi di Indonesia. Saat ini beberapa BUMN pelabuhan di Indonesia sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan di Asia dan Eropa untuk pengelolaan pelabuhan," ucap Luhut.

Terbukanya peluang investasi di Indonesia karena semakin kuatnya konektivitas antar pelabuhan di Indonesia. Dia menyebut, dengan program tol laut, lalu lintas logistik antar pulau menjadi lebih mudah dan terjangkau. Hal tersebut membuat harga bahan pokok mampu menurun di daerah-daerah terpencil.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan keterjangkauan harga bahan-bahan pokok di pulau-pulau terpencil (terjauh) yang telah dimulai sejak tahun lalu. Upaya tersebut mampu menurunkan harga barang lebih dari 20 persen," katanya.

Penurunan harga terjadi karena semakin terhubungnya pulau dan pelabuhan dengan program tol laut. Luhut optimis bahwa angka penurunan harga tersebut dapat terus ditingkatkan seiring dengan meningkatnya kapasitas pengiriman dan bertambahnya rute.

"Menurunnya harga barang akan menggairahkan pertumbuhan ekonomi di daerah dan memicu berbagai kegiatan ekonomi dan investasi baru."

Luhut mengapreasiasi kinerja BUMN terutama di sektor pelabuhan yang telah mampu membuka peluang ekonomi baru di daerah dengan meningkatkan rute dan layanan bagi pengiriman barang dengan lebih efektif dan efisien. Dia juga menjelaskan pemerintah terus memiliki komitmen terhadap membangun infrastruktur karena pelabuhan merupakan kunci untuk pengembangan ekonomi dunia dan mengembangkan ekonomi di Indonesia.

"Pelabuhan adalah kunci pengembangan ekonomi. Saat ini Indonesia sedang mengembangkan 5 pelabuhan besar dan lebih dari 100 pelabuhan kecil," lanjutnya.

Pelabuhan besar akan berfungsi sebagai hub, sedangkan pelabuhan kecil akan menjadi pendukung hub. Harapannya, barang-barang dari dan ke luar negeri dapat diambil dari pelabuhan kecil dan dikirimkan atau diterima dari luar negeri melalui pelabuhan besar sebagai hub. "Kerja sama dan kolaborasi antar pengelola pelabuhan merupakan kunci untuk mengundang investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi," tutupnya. [idr]
RSS Feed

RSS to Email Formatted

IFTTT


Itulah Berita Menko Luhut janji siapkan karpet merah untuk investor di Indonesia

Sekian berita tentang Menko Luhut janji siapkan karpet merah untuk investor di Indonesia, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua

Anda sedang membaca artikel Menko Luhut janji siapkan karpet merah untuk investor di Indonesia dan artikel ini url permalinknya adalah https://beritahubulat.blogspot.com/2017/05/menko-luhut-janji-siapkan-karpet-merah.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.