Ulasan berita Indonesia dan internasional dari peristiwa, politik, teknologi, berita unik, dan hiburan

loading...

Tuesday, May 16, 2017

Djarot ingatkan bantuan tunai kerap bocor dan tidak tepat sasaran

Djarot ingatkan bantuan tunai kerap bocor dan tidak tepat sasaran - Hallo Pembaca Portal Berita, Berita kali ini adalah Djarot ingatkan bantuan tunai kerap bocor dan tidak tepat sasaran, Berikut ini artikelnya.

lihat juga


Djarot ingatkan bantuan tunai kerap bocor dan tidak tepat sasaran

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengharapkan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) milik Kementerian Sosial dapat dipertahankan. Mengingat dalam Undang-Undang Dasar 1945 telah mengamanatkan agar fakir miskin dan anak telantar dipelihara oleh negara.

Djarot mengatakan, pemberian bantuan dengan non-tunai ini jauh lebih efektif dan efisien dalam pendistribusiannya. Berdasarkan pengalaman, dengan sistem bantuan tunai malah kerap menyebabkan adanya kecurangan pada proses penyalurannya.

"Di masa lalu bantuan seperti ini, mohon maaf biasanya justru b anyak bocornya. Bantuan untuk kaum fakir miskin justru bocor karena dulu sifatnya selalu tunai sehingga tidak bisa dikontrol," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (17/5).

Namun, dia mengingatkan, agar kualitas barang yang nantinya akan diterima oleh warga harus tetap terjaga. Sebab masyarakat miskin tidak mungkin bisa protes jika ternyata barang yang mereka terima jelek. Sehingga perlu pengawasan agar hal tersebut tidak terjadi.

"Fakir miskin tidak bisa protes karena tidak punya akses. Kok keterlaluan ya. Kok masih kurang saja ya yang mampu-mampu itu. Masih di makan. Di mana nuraninya. Apa gak dipandang itu saudaranya sendiri," tegasnya.

Melihat dari pengalaman tersebut, Pemprov DKI Jakarta memutuskan menjadi pemula untuk meng gunakan sistem non-tunai dalam memberikan bantuan. Karena dengan begitu, data orang-orang yang menerima akan dapat terekam dan tercatat dengan rapi.

"Dengan berbagai macam praktek seperti itu DKI Jakarta mengawali untuk memberdayakan nilai bantuan sifatnya non-tunai, cashless. Itu tepat sasaran bisa kita cek waktunya tepat. Jumlahnya tetap? Transaksinya tepat. Tidak ada kebocoran. Kita harapannya semuanya cashless society. Gaji, KJP juga cashless," tutup Djarot.

[melakukan]
RSS Feed

RSS to Email Formatted

IFTTT


Itulah Berita Djarot ingatkan bantuan tunai kerap bocor dan tidak tepat sasaran

Sekian berita tentang Djarot ingatkan bantuan tunai kerap bocor dan tidak tepat sasaran, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua

Anda sedang membaca artikel Djarot ingatkan bantuan tunai kerap bocor dan tidak tepat sasaran dan artikel ini url permalinknya adalah https://beritahubulat.blogspot.com/2017/05/djarot-ingatkan-bantuan-tunai-kerap.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.